Home / Laporan / Laporan Akhir Program PABM 2015-2016

Laporan Akhir Program PABM 2015-2016

20151202_153527Perkembangan kegiatan Program Adiski Berbasis Masyarakat (PABM) yang dilaksanakan oleh Lembaga Rehabilitasi “Kios Atma Jaya” dapat direkam melalui program monitoring dan evaluasi ini. Hasil yang diperoleh dalam program ini adalah bagaimana setiap klien berkesempatan untuk meninjau dirinya, merefleksikan hal-hal yang telah terjadi dalam diri mereka, segala kondisi ketidak berdayaan mereka terhadap napza. Klien juga masing-masing harus berhadapan dengan permasalahan tidak hanya dengan dirinya tetapi keluarganya serta lingkungan sosial yang selama ini mereka hadapi.

Masalah dengan diri sendiri selalu dikaitkan dengan penerimaan diri mereka, kepercayaan diri, terhadap kecanduan juga termasuk masalah kesehatan klien. Masalah keluarga yang merupakan simbol kenyamanan klien namun terganggu karena mereka selalu berhadapan dengan masalahnya sementara mereka sebagai ujung tombak bagi keluarga mencari nafkah. Dan masalah sosial yang menganggap mereka sebagai sampah di masyarakat.

Maka di sini seperti di Kios Atma Jaya dan ditempat-temapat lain yang sama mereka diterima, untuk bersama memulihkan kondisinya. Inilah potret kegiatan yang dilakukan Kios selama Program ini dimulai hingga sekarang. Sebanyak 31 klien mengikuti program PABM Kios, dimana sudah ada 20 orang akan menyelesaikan masa In patient dan 10 lagi adalah klien yang tengah memasuki tahap In patient.

Laporan selengkapnya dapat anda download disini

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *