Home / Kabar Lapangan / Fungsi SATELITE dalam LASS

Fungsi SATELITE dalam LASS

satelitePada awal tahun 2013 menjangkau di wilayah “kota bahagia” saya melihat banyak pengguna narkoba suntik yang nongkrong dan pakaw, wilayah ini di jangkau oleh LSM kios atma jaya dalam satu minggu dua kali di hari selasa dan jumat, di wilayah ini peredaran narkobanya cukup besar karena BD melayani dari pagi hingga malam hari.
Para pecandu pun banyak dari wilayah lain untuk bokul dan pakaw disini jadi masih banyak pecandu yang tidak bertemu dengan petugas lapangan karena waktu kedatangan petugas lapangan yang terbatas, jadi untuk mengurangi terjadinya penularan virus HIV di kalangan pengguna narkoba suntik petugas lapangan membuat satelit LASS di wilayah ini, ada enam orang pecandu yang sudah dipilih oleh petugas lapangan mereka yang memang tinggal di wilayah ini.

Pada bulan mei 2013 satelit sudah mulai berjalan dari enam orang yang di pilih mereka harus memberikan laporan sesuai dengan jarum dan orang yang mereka temui. Dalam waktu tujuh bulan dengan proses yang cukup lama sekarang satelit tinggal tiga karena yang tiga satelit lagi membuat pelaporan yang tidak benar jadi petugas lapangan tidak melanjutkannya.

Tugas yang di kerjakan SATELIT :

  1. Mendistribusiakan Jarum Steril
  2. Mengumpulkan dan Mengenbalikan jarum bekas.
  3. Memberikan laporan, Mencatan ID penasun.

Agar tidak terjadi kesalahan dan penyelewengan jarum yang diberikan kepada satelit petugas lapangan juga mengontrol laporan dari satelit dengan cara menanyakan secara langsung ke pecandu yang mengakses jarum pada satelit.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *